Batik Motif Aceh Mulai Menarik Peminat

batik-motif-acehbatik motif aceh dengan bahan dasar kain tenun mulai diminati warga, terutama pegawai negeri sipil pada daerah tersebut, papar sekretaris dewan kerajinan nasional (dekranas) provinsi aceh ir netty muharni murp.

sudah ada dan mencari batik pada balai rumah batik binaan dekranas aceh. hampir seluruh pemerintah kabupaten/kota sudah membuat supaya pakaian wajib tambahan para pegawainya, katanya dalam banda aceh, kamis.

( Info: Batik Couple Murah ) disamping agar pakaian dinas sampingan, ada juga bagian swasta seperti perbankan dan dan mencari batik motif aceh, ujar netty dan ditemani koordinator balai properti batik oliya m.

menurutnya, harga kain batik motif aceh diantara rp250.000 sampai rp1 juta dan tergantung dari jenis kainnya.

balai rumah batik rata-rata mampu memproduksi 200 potong bakal kain baju semua bulan. batik dan diproduksi seluruhnya berbahan dasar kain tenun bukan mesin dan dan milik dekranas aceh.

( Info: Model Batik Couple ) ia mengatakan, terkandung beberapa jenis kain yang ada diminati penduduk selama provinsi paling ujung barat sumatera yaitu berbahan katon morry, doby, piscos, sutra super, sutra timbul, sutra atm (alat tenun mesin) juga sutra atbm (alat tenun bukan mesin).

kalau motif batiknya yang paling diminati rencong, pintu aceh serta gayo, katanya lagi.

netty yang dan kepala jenis promosi di badan investasi juga promosi aceh itu menyebutkan pihaknya memiliki lebih 100 cetakkan batik bermotif aceh.

ia juga menungkapkan batik aceh mempunyai motif dan mencari zat alam juga budaya juga perpaduan warna dan menonjol semisal merah, hijau, kuning serta merah muda.

motif yang dimanfaatkan selama batik aceh juga ada kandungan makna falsafah hidup warga aceh.

netty menyatakan, program dekranas aceh ke depan properti batik aceh tersebut mau direnovasi lebih baik lagi, oleh karenanya menjadi objek wisata dan pusat studi juga latihan.

jadi, anak-anak aceh yang mempunyai bakat disainer, dapat belajar dalam balai tersebut, disamping supaya melestarikan batik aceh, katanya.

0 komentar:

Post a Comment